Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Riyadh 3.25

indonesian Embassy of Riyadh,Diplomatic Quarter
Riyadh, 11693
Saudi Arabia

About Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Riyadh

Contact Details & Working Hours

Details

Atase Pendidikan
Pendidikan merupakan kata kunci kemajuan sebuah bangsa, karakter sebuah bangsa tercermin dari tingkat pendidikan warga negaranya. Pendidikan tidak hanya sebuah proses pewarisan pengetahuan dari satu generasi ke generasi, lebih dari itu ia juga mencakup sebuah usaha untuk menstimulasi proses kreatif pengembangan pengetahuan yang up to date dengan kebutuhan tiap zaman yang kelak juga akan diwariskan ke generasi mendatang.

Peran Kedutaan Besar Republik Indonesia terhadap Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan pada kenyataannya tidak cukup dipenuhi di dalam negeri saja, kerjasama dengan penyelenggara pendidikan di luar negeri mutlak diperlukan. Ada proses transfer ilmu pengetahuan, sekaligus mencapai misi-misi diplomatik yang pada akhirnya bisa meningkatkan kewibaan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu adanya Atase Pendidikan di setiap Kedutaan Besar Republik Indonesia mutlak diperlukan. Atase pendidikan memegang peranan strategis sebagai perpanjangan tangan pemerintah Indonesia di luar negeri dalam misi pendidikan dan kebudayaan. Pada tataran teknis, disamping tercapainya kerjasama bilateral dibidang pendidikan, atase pendidikan juga mepunyai peranan besar dalam membantu mahasiswa yang sedang menempuh studi di Negara bersangkutan, sekaligus juga berperan besar bagi terciptanya layanan pendidikan yang umumnya bernaung di bawah Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Tugas dan Wewenang Atase Pendidikan dan Kebudayaan

Atase pendidikan KBRI Riyadh mengkoordinasikan proses pendidikan bagi mahasiswa Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Saudi Arabia seperti King Saud University, Islamic University of al-Madinah al-Munawarah, Imam Muhammad ibn Saud Islamic University, King Abdullah University for Science and Technology, King Abdullah University, King Fahd University of Petroleum and Minerals, Umm Al-Qura University dll. Juga mengkoordinasikan penyelenggaraan Universitas Terbuka (UT) dan beberapa Sekolah Indonesia di Luar Negeri, seperti Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Mekkah, dan Sekolah Indonesia Jeddah.