Insya Allah Tahun Depan Berangkat Ibadah Haji 2.81

Al `Aziziyah,
Saudi Arabia

About Insya Allah Tahun Depan Berangkat Ibadah Haji

Insya Allah Tahun Depan Berangkat Ibadah Haji Insya Allah Tahun Depan Berangkat Ibadah Haji is a well known place listed as City in Al `Aziziyah , Landmark in Al `Aziziyah ,

Contact Details & Working Hours

Details

KALIMAT TALBIYAH
Kalimat talbiyah selengkapnya adalah Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka. Kalimat talbiyah memiliki arti sebagai berikut :
Labbaik allahumma labbaik,
Artinya kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah,
Labbaika laa syariika laka labbaik,
Artinya tiada sekutu bagi-Mu dan kami memenuhi panggilan-Mu,
Innal hamda wanni'mata laka wal mulka, laa syarikalak, Artinya sesungguhnya segala pujian, nikmat dan kekuasaan/kekuatan adalah milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu.
Kata-kata talbiyah tersebut memiliki makna mendasar bagi setiap muslim, bukan hanya untuk jamaah haji.
Pertama, talbiyah merupakan janji setiap muslim untuk memenuhi panggilan Allah. Panggilan untuk memenuhi rukun Islam terakhir. Janji yang secara sadar dan ikhlas dikeluarkan dari dalam hati, dan dinyatakan dengan amal dan perbuatan untuk memenuhi syariat dan akhlak haji.
Kedua, talbiyah merupakan pernyataan seorang muslim tentang keesaan Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah yang memanggil setiap muslim untuk menjadi tamu di kota suci Mekah. Jadi, orang berhaji adalah karena Allah, bukan karena alasan lainnya, apalagi alasan atribut keduniaan.
Ketiga, talbiyah menunjukkan pengakuan akan kekuasaan dan kekuatan Allah. Manusia adalah makhluk yang kecil dihadapan Allah. Pujian, nikmat dan kekuasaan adalah milik Allah, bukan milik manusia. Dengan berihram, manusia secara sadar melepaskan diri dari atribut keduniaan (pujian, nikmat dan kekuasaan dunia), dan menyadari esensi penciptaan manusia adalah beribadah hanya kepada Allah.
Bacaan talbiyah seharusnya menjadi komitmen manusia dan kemanusiaan dilandasi keesaan Allah. Bagi yang sudah berhaji, komitmen itu sudah sudah nyata dengan menyaksikan berbagai bukti kehidupan kota Mekah atau Madinah. Jamaah haji membuktikan dengan kepala, mata dan telinga menyaksikan kebesaran Allah, kebenaran Al Quran, peninggalan sejarah kenabian atau kisah para sahabat selama ziarah ke dua kota suci itu. Karenanya para haji dengan predikat mabrur akan dapat memelihara nilai-nilai keesaan Allah, dan menghadirkan akhlak haji dalam kehidupannya.
Makna secara umum bacaan talbiyah bagi kehidupan kemanusiaan adalah melahirkan kerendahan hati. Dengan sikap ini, manusia akan menempatkan kehidupan dunia dalam kerangka mencari ridho Allah. Hubungan antar manusia untuk menemukan dan menghasilkan kemanfaatan dan kemaslahatan bersama. Hidup saling menghargai dan menghormati sekalipun tidak menutup adanya perbedaan. Kehidupan tidak lagi menonjolkan atribut keduniaan dalam wujud pujian, nikmat dan kekuasaan dunia. Insya Allah tidak ada lagi kesombongan, kesewenang-wenangan, penyalahgunaan jabatan, menumpuk kekayaan, atau perilaku korupsi. Semuanya dalam kerendahan hati, memohon ampun dan hanya memuji kebesaran Allah Semoga warga bangsa ini, dapat memaknai dengan sebaik-baiknya bacaah talbiyah tersebut.
Insya Allah, negeri ini akan senantiasa mendapatkan perlindungan dan ridho Allah SWT, menjadi negeri yang adil, makmur dan sejahtera.
(baldatun toyibatun warobun ghofur).